Rabu, 05 Juni 2013

Menulis Yang Baik pada Blog/Website


website-blog

Penulisan pada blog atau website berbeda dengan menulis untuk media cetak, seperti koran, majalah dan lain-lain. Pembaca online lebih sering membaca dengan scanning (membaca sepintas) yang tidak menyeluruh. Maka kita harus dapat menyesuaikan perkembangan seperti ini pada blog atau website kita.
Berikut tips menulis yang baik bagi blog/website kita :
a.       Judul dan Sub-Judul
Judul dan sub-judul sangat penting. Karena pembaca dapat menemukan bab yang ingin dicari secara mudah. Jarak antara judul dengan isi artikel juga penting untuk mudah dibedakan oleh pembaca. Mana yang isi, dan mana yang judul.
b.      List (daftar urutan)
Membuat list atau daftar urutan sangat membantu dan mudah dibaca pengguna.
c.       Paragraf Pendek
Membuat paragraf pendek sangat dianjurkan, karena membaca di layar komputer tidak semudah membaca pada kertas. Pembaca akan malas untuk membaca suatu artikel yang terlalu panjang pada blog/website.
d.      Font
Jenis dan ukuran font dapat mempengauhi kenyamanan pembaca saat membuka website kita. Maka dari itu usahakan menggunakan ukuran font yang baik di berbagai resolusi monitor.
e.      Siapa Pembaca Artikel Anda
Jika artikel yang anda buat untuk dibaca umum, maka gunakan bahasa yang sopan dan hindari bahasa yang kata-katanya sulit untuk dimengerti (bahasa gaul, alay).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar